Senin, 07 Mei 2012

-Sejarah Sistem Operasi Linux-

  Sejarah Linux diawali dari pengembangan sistem yang bernama UNIX oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie yang berasal dari AT&T Bell labs, pada tahun 1968. Karena tujuan UNIX adalah sistem operasi yang multi user dan multi tasking, maka UNIX ditulis ulang dengan menggunakan bahasa C (sebelumnya menggunakan bahasa B). Hal ini memungkinkan untuk didevelop ke berbagai platform hardware tanpa perlu harus menuliskan kode yang spesifik. Sehingga develop itu masih terus bertahan sampai saat ini. Bell melisensikan sistem operasi ini kebeberapa institusi, salah satunya ke departemen Ilmu Komputer Universitas Berkeley California, yang akhirnya menghasilkan beberapa cloning UNIX dengan kode BSD (Berkeley Software Distribution) Professor Andrew Tanenbaum telah mengembangan sistem operasi Unix yang dapat berjalan pada personal computer yaitu MINIX (Mini UNIX). Namun sistem ini tidak memiliki seluruh fungsi UNIX yang diinginkan mahasiswa saat itu, terutama untuk mahasiswa bernama Linus Trovalds. Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada saat itu merupakan mahasiswa di Finlandia pada tahun 1991 dengan tujuan membuat sistem operasi gratis dengan kemapuan seperti UNIX tetapi kompatibel dengan PC.. Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatifGNU/Linux.. Linux diinspirasi dari Minix (Mini Unix) yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum , dan dilandasi oleh beberapa software dari GNU. Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya diserver, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard,IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows.  Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software) Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) sepertiGNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice..
 Perkembangan versi Linux :
- versi pertama Linux 0.10 pertama kali dipublikasikan pada November 1991
- versi 0.11 pada Desember 1991
- pada versi 0.13 Linux sudah lebih stabil dan diubah versinya menjadi versi 0.95
- kini Linux berkembang secara cepat
Linux disusun berdasarkan standard sistem operasi POSIX, yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal. Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding Unix lain pada hardware yang sama. Dan UNIX memiliki kelemahan, yaitu tidak bersifat free.file sistem Linux  bersifat hirarkis. 
Linux membedakan file menjadi tiga jenis:
ü File biasa adalah file yang ada di dalam sitem yang berisi data, teks, atau perintah perintah untuk computer.
ü File direktori adalah file yang berisi informasi tentang struktur penyimpanan file dalam direktori dalam bentuk tree yang disebut dengan direktori.
ü File khusus adalah file yang digunakan oleh system, berisi data atau system device yang digunakan oleh system.
Linux juga memiliki keistimewaan dan kekurangan , sebagai berikut:
Keistimewaan :

1.             Multitasking
Dapat menjalankan perintah secara bersamaan dan akses perangkat keras secara bersamaan
2.             Virtual Memory atau Memori Maya
Linux dapat memanfaatkan ruang pada harddisk untuk digunakan sebagai memori maya, yaitu program yang tidak aktif di RAM akan disimpan pada harddisk dan secara terus menerus akan mengalokasikan setiap program yang tidak aktif di RAM dan ditempatkan pada harddisk yang tidak aktif
3.             Networking
Linux menggunakan protokol TCP/IP, termasuk Network File System (NFS),Network Information Service (NIS), Session Message Block (SMB), dan lain sebagainya
4.             X Window System
Merupakan sistem grafis untuk Unix, X Window mendukung banyak aplikasi dan merupakan standar untuk industri
5.             Shared Library
Setiap perintah pada Linux saling berbagi menggukan fungsi dari library, hal ini berguna untuk menghemat memori
6.             Kompatibilitas dengan IEEE POSIX.1
Standar ini menjadikan Linux mendukung banyak standar yang digunakan oleh sistem UNIX lainnya
7.             Harga yang relatif lebih rendah
8.             Dukungan software GNU berupa free software
Linux juga memiliki beberapa kelebihan setara dengan UNIX, antara lain:
1. Multi Thread
2. Multi User
3. Multi Processing
4. Manajemen Memori yang bagus
5. Sekuritas
6. File System stabil
7. Ketersedian source code
8. Tersedia dlam versi livecd
 Kekurangan :
1.             Karena Linux merupakan peranti lunak bebas, tidak seorangpun dapat menjamin Linux dapat berjalan pada suatu perangkat computer.
2.              Masih banyak peranti keras yang tidak didukung sistemoperasi Linux.Jadi,kita harus mengunduh driver melalui internet atau menguttak- atik kernel dan mengompilasinya.
3.              Kurangnya aplikasi pendukung multimedia,khususnya game.
Linux juga berkemang dan berikut ini perkembangan linux :
Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakan kompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux. Perkembangan Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC.
Pada awal perkembangannya, source code Linux disediakan secara bebas melalui Internet. Hasilnya, sejarah Linux merupakan kolaborasi banyak user dari seluruh dunia, semuanya dilakukan secara eksklusif melalui Internet. Dari kernel awal yang hanya mengimplementasikan subset kecil dari sistem UNIX, sistem Linux telah bertumbuh dimana sudah mampu memasukkan banyak fungsi UNIX.
Kernel Linux perlu dibedakan dari sebuah sistem Linux: kernel Linux merupakan sebuah perangkat lunak orisinil yang dibuat oleh komunitas Linux sedangkan sistem Linux, yang diketahui saat ini, mengandung banyak komponen yang dibuat sendiri atau dipinjam dari proyek lain.
Sistem Linux

Dalam banyak hal, kernel Linux merupakan inti dari proyek Linux, tetapi komponen lainlah yang membentuk secara komplit sistem operasi Linux. Dimana kernel Linux terdiri dari kode-kode yang dibuat khusus untuk proyek Linux, kebanyakan perangkat lunak pendukungnya tidak eksklusif terhadap Linux, melainkan biasa dipakai dalam beberapa sistem operasi yang mirip UNIX. Contohnya, sistem operasi BSD dari Berkeley, X Window System dari MIT, dan proyek GNU dari Free Software Foundation.
Pembagian (sharing) alat-alat telah bekerja dalam dua arah. Sistem perpustakaan utama Linux awalnya dimulai oleh proyek GNU, tetapi perkembangan perpustakaannya diperbaiki melalui kerjasama dari komunitas Linux terutama pada pengalamatan, ketidak efisienan, dan bugs. Komponen lain seperti GNU C Compiler, gcc, kualitasnya sudah cukup tinggi untuk dipakai langsung dalam Linux. Alat-alat administrasi network dibawah Linux berasal dari kode yang dikembangkan untuk 4.3BSD, tetapi BSD yang lebih baru , salah satunya FreeBSD, sebaliknya meminjam kode dari Linux, contohnya adalah perpustakaan matematika Intel floating-point-emulation.
Sistem Linux secara keseluruhan diawasi oleh network tidak ketat yang terdiri dari para pengembang melalui internet, dengan grup kecil atau individu yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga integritas dari komponen- komponen khusus. Dokumen ‘File System Hierarchy Standard’ juga dijaga oleh komunitas Linux untuk memelihara kompatibilitas keseluruh komponen sistem yang berbeda-beda. Aturan ini menentukan rancangan keseluruhan dari sistem berkas Linux yang standar.
Linux Saat Ini

Saat ini, Linux merupakan salah satu sistem operasi yang perkembangannya paling cepat. Kehadiran sejumlah kelompok pengembang, tersebar di seluruh dunia, yang selalu memperbaiki segala fiturnya, ikut membantu kemajuan sistem operasi Linux. Bersamaan dengan itu, banyak pengembang yang sedang bekerja untuk memindahkan berbagai aplikasi ke Linux (dapat berjalan di Linux).
Masalah utama yang dihadapi Linux dahulu adalah interface yang berupa teks (text based interface). Ini membuat orang awam tidak tertarik menggunakan Linux karena harus dipelajari terlebih dahulu untuk dapat dimengerti cara penggunaannya (tidak user-friendly). Tetapi keadaan ini sudah mulai berubah dengan kehadiran KDE dan GNOME. Keduanya memiliki tampilan desktop yang menarik sehingga mengubah persepsi dunia tentang Linux.
Linux di negara-negara berkembang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Harga perangkat lunak (misalkan sebuah sistem operasi) bisa mencapai US $100 atau lebih. Di negara yang rata-rata penghasilan per tahun adalah US $200-300, US $100 sangatlah besar. Dengan adanya Linux, semua berubah. Karena Linux dapat digunakan pada komputer yang kuno, dia menjadi alternatif cocok bagi komputer beranggaran kecil. Di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin, Linux adalah jalan keluar bagi penggemar komputer.
Pemanfaatan Linux juga sudah diterapkan pada supercomputer. Diberikan beberapa contoh:
The Tetragrid, sebuah mega computer dari Amerika yang dapat menghitung lebih dari 13 trilyun kalkulasi per detik (13.6 TeraFLOPS). Tetragrid dapat dimanfaatkan untuk mencari solusi dari masalah matematika kompleks dan simulasi, dari astronomi dan riset kanker hingga ramalan cuaca.
Evolocity, juga dari Amerika, dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 9.2 TeraFLOPS(FLoating Operations Per Second), menjadikannya sebagai salah satu dari lima supercomputer tercepat di dunia.
Jika melihat ke depan, kemungkinan Linux akan menjadi sistem operasi yang paling dominan bukanlah suatu hal yang mustahil. Karena semua kelebihan yang dimilikinya, setiap hari semakin banyak orang di dunia yang mulai berpaling ke Linux.


-saya mendefinisikan UNIX sebagai
Satu set memungkinkan teknologi pertama kali dikembangkan di AT & T yang telah dimasukkan ke dalam beberapa sistem operasi secara hukum berbeda namun berkaitan erat, masing-masing yang dapat dianggap sebagai "sistem UNIX." Jika terlihat seperti UNIX, beroperasi seperti UNIX, menjalankan utilitas umum UNIX dan program, dan dikembangkan dengan UNIX sebagai model, itu UNIX.
Lambang Linux:

 Description: H:\linux.jpg
Mengapa lambang dari LiNUX adalah pinguin ??
 Ternya Pinguin yang menjadi simbol Linux ini memiliki sejarah yan unik. 
tidak seperti sistem operasi lainnya yang menggunaka simbol yang terlihat hebat . seperti Windows yang menggunakan jendela sebagai simbolnya dan Apple yang memilih simbol buah apel. Linux justru memilih simbol seekor Pinguin dengan perut yang besar yang terduduk dan terlihat santai. Hal ini teryata karena sang pencipta Linux yaitu Linus Benedict Torvals pernah digigit oleh binatang tersebut. Pada saat Linus berlibur  ke daerah selatan. Disanalah dia bertemu seekor pinguin yang pendek yang  menggigit jarinya hingga ia terserang demam. Kejadian yang lucu ini merupakan awal terpilihnya pinguin sebagai logo Linux.
lalu oleh seorang seniman yang bernam Larry Ewing dipih untuk membuat gambar penguin yang akan digunakan. hal ini karena para pengembang merasa bahwa Linux sudah memerlukan sebuah logo (1996), dan nama yang terpilih adalah dari usulan James Hughes yaitu "(T)orvalds (U)ni(X) -- TUX!". Lengkaplah sudah logo dari Linux, yaitu seekor pinguin bernama Tux.
selain itu juga penguin dipilih sebagai simbol karena untuk melambangkan kemandirian linux dari vendor-vendor  besar software OS, kebebasannya dan ketangguhannya. Seperti penguin yang mandiri, bebas dan tangguh di iklim dingin.  
Hingga sekarang logo Linux yaitu Tux sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Orang lebih mudah mengenal segala produk yang berbau Linux hanya dengan melihat logo yang unik nan lucu hasil kerjasama seluruh komunitas Linux di seluruh dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar